1. DScovery

Pitch Deck: Pengertian, Elemen, Tips, dan Contohnya

Pitch deck adalah presentasi singkat yang memberikan gambaran umun tentang rencana bisnis. 

Pitch deck memiliki tujuan akhir yang sama dengan presentasi persuasif: Meyakinkan pendengar untuk menerima ide dan mengambil tindakan. Namun, ada beberapa faktor yang membuat pitch deck menjadi lebih sulit. Salah satunya adalah kemampuan pemilik usaha untuk menarik perhatian investor.

Apa Itu Pitch Deck?

Pitch deck adalah presentasi singkat yang memberikan gambaran umum mengenai rencana bisnismu. Dengan bantuan ini kamu dapat menjelaskan kepada calon investor seperti apa produk mu dan menarik minat mereka untuk membiayai perusahaanmu.

Pitch deck biasanya dibuat menggunakan beberapa alat populer seperti PowerPoint, KeyNote, atau Prezi.

Selain menjelaskan rencana bisnis, kamu juga dapat menggunakan pitch deck untuk bertemu dengan perusahaan lain atau orang-orang yang berpotensi menjadi pendiri. Tujuan dibuatnya pitch deck adalah agar investor mendanai atau membiayai perusahaan. Oleh karena itu, kamu tidak boleh gegabah saat membuat pitch deck. Iklan harus menarik dan informatif.

Selain itu, pitch deck biasanya terdiri dari beberapa slide dan dengan jelas menyatakan tujuan dan ruang lingkup perusahaanmu.

Elemen yang Diperlukan dalam Pitch Deck

Beberapa penulis, pemodal, dan pendiri startup telah menciptakan versi berbeda dari elemen yang diperlukan untuk pitch deck yang sukses. Namun secara umum, elemen yang perlu ditampilkan adalah sebagai berikut:

• Latar belakang masalah

• Solusi yang ditawarkan

• Produk atau layanan perusahaan

• Kondisi dan potensi pasar

• Rencana bisnis

• Poin unik yang membedakan dengan perusahaan lain

• Kompetitor

• Rencana pemasaran

• Perkenalan tim

• Pencapaian bisnis

Tips Membuat Pitch Deck yang Baik

Pitch deck yang baik tentu harus kamu buat singkat, jelas dan menarik karena akan menentukan kemajuan bisnis mu ke depannya. Cara membuat pitch deck yang bagus untuk presentasi kamu sebagai berikut.

• Buatlah pitch deck dengan 10 - 12 slide presentasi

Kembali pada pengertiannya, pitch deck adalah presentasi singkat yang memberikan gambaran tentang rencana bisnismu. Jadi investor sebenarnya hanya ingin melihat blueprint dari produk yang kamu bangun. Jika terlalu lama, investor pasti akan bosan dan tidak tertarik. Jadi jelaskan tentang siapa kamu dan mengapa mereka harus memodalkan bisnismu.

• Cantumkan nama founder dan tim

Untuk membangun perusahaan yang baik, kamu membutuhkan orang-orang terbaik agar perusahaan dapat berkembang sesuai dengan tujuannya. Tunjukkan kepada investor siapa orang-orang yang terlibat dalam kesepakatan ini dan jelaskan posisi mereka. Jika sudah memiliki tim yang kuat, investor akan percaya bahwa perusahaan ini dibangun dengan perencanaan yang matang.

• Berikan gambaran contoh produk

Bagian ini berisi screenshot atau gambar produkmu, termasuk logo dan nama produk. Jelaskan seperti apa bisnis kamu dalam waktu kurang dari 10 kalimat. Tunjukkan kepada investor bagaimana produk kamu bekerja dan berikan contoh. Buat slide semenarik mungkin karena toh kamu sedang menjual sebuah "produk".

• Beri informasi potensi pasar

Setelah kamu menjelaskan seperti apa bisnis dan produk mu, saatnya menjelaskan bagaimana potensi pasar yang tersedia untuknya. Ukuran pasar juga menentukan apakah investor akan membiayai perusahaan yang kamu dirikan. Pada slide ini, kamu harus memberikan bagan yang menggambarkan pertumbuhan pasar di masa lalu dan potensi pertumbuhan pasar di masa mendatang.

Dengan demikian, investor dapat menghitung laba atas investasi (ROI) dan potensi investasi mereka. Juga, pastikan untuk menyertakan sumber informasi untuk meyakinkan investor bahwa perusahaan kamu memiliki potensi besar.

• Jelaskan tentang kompetitor mu

Cara selanjutnya untuk membuat pitch deck agar diperhatikan adalah dengan berbicara tentang pesaing di industri tempat kamu berada. Di bagian ini, kamu harus bisa menjelaskan siapa pesaingmu dan apa kelebihan yang kamu miliki dibanding mereka. Jika perlu, kamu juga dapat menjelaskan kemungkinan strategi untuk menyingkirkan pesaing tersebut dari pasar.

• Sampaikan kondisi keuangan perusahaan

Saat membuat pitch deck, investor seringkali juga ingin mengetahui sesuatu tentang situasi keuangan perusahaan. Biasanya, mereka ingin melihat laporan laba rugi, prakiraan penjualan, dan laporan arus kas setidaknya selama tiga tahun. Namun, kamu tidak harus menyampaikan semua ini dalam presentasi yang rumit. Kamu dapat membuatnya lebih ringkas dengan membuat bagan yang menunjukkan laba, total pengeluaran, pendapatan, dan jumlah total pelanggan. Saat kamu menjelaskan bagian presentasi ini, kamu harus bisa menyampaikan asumsi dasar tentang bagaimana mencapai tujuan penjualan kamu untuk menghasilkan keuntungan.

• Jelaskan resiko yang mungkin terjadi

Memulai bisnis tentu penuh dengan resiko. Jelaskan kepada investor risiko apa yang mungkin terjadi pada bisnismu dan sertakan solusi ketika risiko muncul. Ini penting untuk meyakinkan investor bahwa mereka tidak berinvestasi dalam bisnis yang kamu mulai dengan sia-sia.

• Tetapkan jumlah pendanaan yang ingin diraih

Setelah kamu melakukan semua hal itu dan mengirimkan presentasi lengkap, saatnya untuk menentukan menetapkan pendanaan yang ingin Anda capai. Itu karena investor juga ingin tahu berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan untuk mengembangkan bisnismu.

Contoh Pitch Deck Terbaik

Facebook awalnya didirikan oleh Mark Zuckerberg dan Eduardo Saverin sebagai jejaring sosial untuk universitas. Ketika mereka pertama kali mencoba mengajukan ide kepada calon investor, mereka masih belum memiliki rencana bisnis yang jelas. Oleh karena itu, penyajiannya tidak berdasarkan metrik pendapatan, tetapi menggunakan fakta dan angka yang ada seperti basis pelanggan, keterlibatan pengguna, dan metrik pertumbuhan.

Untuk mendapatkan investor untuk mendanai bisnis yang sudah dibangun, kamu harus dapat membuat slide presentasi yang singkat dan jelas mengikuti panduan dan contoh presentasi di atas. Selain menarik investor, teknik pitch deck juga bisa membantu dalam mencari pekerjaan. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasanmu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again