1. Startup

Bio Farma Luncurkan “Medbiz”, Platform Marketplace B2B Farmasi

Didukung solusi SIRCLO, Medbiz menghubungkan klinik, apotek, dan rumah sakit dengan distributor resmi untuk pengadaan farmasi

Bio Farma, perusahaan pelat merah farmasi, meresmikan kehadiran marketplace B2B khusus farmasi Medbiz (Medicine Distribution Business Zone). Solusi ini berkat kolaborasi perseroan dengan SIRCLO sebagai penyedia solusi omnichannel commerce.

Medbiz merupakan strategi Bio Farma untuk mendigitalisasi distribusi produk obat-obatan dan alat kesehatan secara menyeluruh. Tak hanya itu, dalam rangka menciptakan inovasi bersama dalam penyediaan produk farmasi yang terintegrasi, cepat, dan efisien guna mendorong terciptanya ekosistem kesehatan berbasis digital di Indonesia.

“Hari ini kita launching beberapa produk yang luar biasa dan revolusioner, yang kita harapkan menjadi new revenue stream bagi Bio Farma. Tapi yang terpenting adalah produk yang kita launching hari ini dapat menjadi solusi kesehatan bagi masyarakat Indonesia dan global,” ucap Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma Soleh Ayubi dalam keterangan resmi, Kamis (2/2).

Menurut dia, Medbiz bukan sekadar digitalisasi tapi merevolusi cara Bio Farma berjualan di ranah farmasi. Oleh karenanya, pihaknya mendorong industri farmasi, mulai dari klinik, apotek, dan rumah sakit untuk bertransaksi melalui Medbiz dalam memenuhi pengadaan mereka.

Diklaim solusinya dapat menghemat waktu hingga 20% dari yang biasanya dipakai untuk menangani penjualan. “Di mana nantinya waktu tersebut dapat digunakan untuk mencari pelanggan baru. Tapi kita tidak akan berhenti di sini, we are going to continue, we will not stop here.”

Sebelumnya Medbiz sudah melakukan soft-launching pada 31 Agustus 2022 dan memiliki distributor resmi, yakni Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma. Pada tahap awal, Medbiz menggandeng 11 distributor yang tersebar di Bandung, Jabodetabek, dan Purwokerto. Disampaikan Medbiz telah menjangkau 100 pembeli terdaftar di aplikasinya.

Selama empat bulan, dari September hingga Desember 2022, diklaim Medbiz telah mencatatkan 3.807 transaksi dengan 3.309 pengguna terdaftar, dan 56 distributor yang tersebar di seluruh Indonesia. Soleh menerangkan, dengan kekuatan ekosistem healthcare yang dimiliki Holding BUMN Farmasi dan komitmen seluruh pihak, diharapkan Medbiz dapat menjadi solusi untuk memudahkan proses pengadaan obat, alat kesehatan, dan produk kesehatan lainnya.

Kemitraan dengan SIRCLO

Medbiz memosisikan dirinya sebagai one-stop medical supplies, yang menghadirkan fitur di aplikasi maupun situs, untuk membantu para penyedia jasa farmasi dalam menjelajah lebih banyak kategori produk dan pilihan distributor resmi. Kehadiran fitur-fitur tersebut merupakan hasil dari konsultasi yang dilakukan dengan ICUBE by SIRCLO, serta personalized solutions yang ditawarkan oleh SWIFT by SIRCLO.

ICUBE by SIRCLO menghadirkan layanan konsultansi strategi dan implementasi teknologi omnichannel berbasis Magento. Seiring dengan meningkatnya permintaan dari pemilik merek untuk memperkuat pengelolaan laman penjualannya, Swift by SIRCLO hadir sebagai penyedia solusi pengembangan teknologi omnichannel. Kedua produk dan solusi di bawah naungan SIRCLO Group inilah yang turut berperan dalam pengembangan Medbiz.

Chief Technology Officer Enterprise Solutions SIRCLO Muliadi Jeo menuturkan, perusahaan terus berupaya membantu berbagai lini bisnis dalam bertransformasi secara digital. Hal ini diwujudkan dengan mendukung upaya bisnis, termasuk di skala BUMN, untuk dapat terus bertransformasi.

“Melalui produk yang ditawarkan seperti ICUBE by SIRCLO dan Swift by SIRCLO, kami menghadirkan kemudahan bagi para pelaku bisnis melalui ekosistem teknologi yang terintegrasi dan dengan solusi yang berbasis custom,” ujarnya.

Kerja sama SIRCLO dengan korporasi bukanlah yang pertama. Sebelumnya, perusahaan bekerja sama dengan MNC Group, melalui unit bisnis e-commerce AladinMall. Solusi yang dimanfaatkan adalah SIRCLO Commerce, yakni solusi end-to-end channel management dari SIRCLO untuk brand berskala besar yang ingin memperluas pasarnya secara online.

SIRCLO Commerce menawarkan opsi bagi brand untuk memperluas jangkauannya melalui AladinMall. Tak hanya itu, brand yang bergabung di AladinMall lewat SIRCLO Commerce dapat melakukan penambahan produk atau product assortment ke platform AladinMall.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again