1. Startup

Kembali Digelar, Devcamp 2023 Bidik Talenta Digital Berkolaborasi Melalui Integrasi Teknologi

Dengan tema baru, peserta Devcamp diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan keahliannya agar integrasi teknologi di seluruh unit bisnis GoTo Group dapat terlaksana.

Pada tahun ini, GoTo Group akan menggelar Devcamp, melalui format offline setelah dua tahun diadakan secara online. Dengan mengusung tema “Collaboration for a better inTECHgration”, program ini berfokus untuk mendorong peserta menciptakan solusi terpadu yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah dan daya saing. 

Pendekatan inovatif ini tidak hanya menjanjikan pengalaman pembelajaran bagi peserta, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk merasakan lingkungan kerja di GoTo Group, sehingga dapat berdampak terhadap pemahaman mereka tentang industri teknologi.

“Kami percaya, Devcamp dapat memberikan wawasan baru dan practical learning experience yang dapat membantu talenta-talenta teknologi muda Indonesia berkembang secara pesat dan menjadi sosok yang dapat berkontribusi positif bagi Indonesia melalui teknologi”, ungkap Global Head of Talent Acquisition & Employer Branding GoTo Group Lita Rosalia.

Program ini terbuka untuk mahasiswa tahun terakhir yang telah menyelesaikan sidang skripsi mereka dan lulusan baru dengan pengalaman kerja hingga dua tahun dalam bidang IT, Computer Science, atau bidang serupa, serta berkeinginan untuk menciptakan dampak positif melalui teknologi.

Fasilitasi Bakat dan Keterampilan Teknologi Lokal yang Adaptif

Di era di mana kompetensi teknologi sangat diminati dan dibutuhkan oleh berbagai industri, talenta muda di Indonesia harus berusaha untuk memiliki keunggulan yang kompetitif . Walaupun sumber pembelajaran sangat melimpah karena akses internet yang semakin mudah dijangkau oleh siapa pun dan di mana pun, pada kenyataanya masih terdapat kesenjangan antara pengetahuan dan praktik kerja sehari-hari. Kesenjangan tersebut membuat banyak talenta teknologi menjadi kurang relevan ketika dihadapkan dengan berbagai permasalahan pelanggan yang perlu diatasi melalui teknologi.

Perbedaan sosiodemografi, kurangnya infrastruktur digital, dan hambatan-hambatan bagi para talenta teknologi Indonesia dalam berbagi pengetahuan  menyulitkan mereka dalam mengembangkan bakat dan keterampilan mereka.

Untuk menjembatani kesenjangan tersebut, Devcamp digelar untuk memfasilitasi pengembangan bakat dan keterampilan talenta-talenta teknologi Indonesia yang adaptif dan future ready. Devcamp merupakan usaha nyata GoTo Group dalam mengembangkan dan memberdayakan para talenta teknologi di Indonesia, dengan memberikan pembelajaran praktis dan sumber daya yang telah dirancang khusus oleh sesuai kebutuhan di industri. Hal ini sejalan dengan komitmen GoTo Group–yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial–yang senantiasa mendorong kemajuan bagi masyarakat luas.

Dengan mengintegrasikan aktivitas bootcamp yang akan berlangsung selama empat hari, hackathon berdurasi 24 jam, dan presentasi akhir yang melibatkan para pimpinan GoTo Group selaku dewan juri, Devcamp ingin memastikan bahwa para peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan terkini, tetapi juga mengalami pembelajaran praktis yang mendalam dan holistik dalam menyelesaikan tantangan di dunia nyata. Selain itu, aktivitas-aktivitas tersebut diharapkan dapat membentuk keterampilan lunak yang sangat berharga, seperti kolaborasi, komunikasi, dan adaptabilitas.

Kilas Balik: Inovasi Para Peserta Devcamp 2022

Pada 2022, Devcamp mengantongi inovasi terbaik dari tim-tim di berbagai kategori. Berkaca dari tim pemenang tahun lalu, dalam kategori "Best Problem (Penyelesaian Masalah Terbaik)," solusi TokoPay+ dari Tim 8 mengatasi tantangan verifikasi pembayaran QRIS untuk penjual non-otomatis melalui pengenalan OfflineSafe+. Fitur ini mengharuskan input PIN untuk setiap transaksi, secara efektif mencegah penipuan pembayaran.

Sementara itu, dalam kategori "Best Solution (Solusi Terbaik)," aplikasi GoSplit dari Tim 13 menyederhanakan pemesanan grup di GoFood. Dengan antarmuka intuitif, inovasi ini menyederhanakan pemilihan pesanan, memastikan distribusi biaya pengiriman yang adil, dan menyertakan tombol permintaan pembayaran yang nyaman. 

Terakhir, dalam kategori "Best Technology (Teknologi Terbaik)," Tim 10 memperkenalkan YoKado, marketplace berbasis AI untuk pemberian hadiah yang dipersonalisasi. Didukung oleh chatbot AI yang menggunakan machine learning dan natural language processing, YoKado menyarankan pilihan hadiah yang disesuaikan dan rencana untuk meningkatkan pengalaman dengan pembungkus hadiah berbasis realitas tambahan. Inovasi-inovasi ini secara kolektif mencerminkan semangat berpikir ke depan dari peserta Devcamp.

Saatnya mulai perjalanan kariermu di teknologi dengan bergabung di Devcamp. Raih kesempatan untuk dibimbing dan belajar dari para ahli teknologi terkemuka di GoTo. Manfaatkan momen spesial ini untuk meningkatkan skill terbaik Anda dan saatnya siapkan diri untuk menciptakan inovasi tak tertandingi, pelajari lebih lanjut di tkp.me/devcamp.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again