23 October 2017

by Bambang Winarso

Sharp Aquos R Compact, Smartphone Ringkas dengan Layar Istimewa

Sharp Aquos R Compact mengusung layar IGZO LCD dengan resolusi yang menonjol

Kiprah Sharp di ranah mobile tampaknya kian agresif. Setelah model Aquos R menyapa pasar, kali ini perusahaan asal Jepang itu kembali melahirkan satu lagi perangkat smartphone yang jadi alternatifnya, yaitu Aquos R Compact.

Tampil elegan dengan desain edge-to-edge seperti seniornya, Aquos R Compact berupaya membedakan diri dengan keluarga besarnya dengan menawarkan kombinasi layar mungil namun dengan jeroan yang cukup baik. Komponen layar Aquos R Compact mempunyai penampang seluas 4.9 inci yang terbilang โ€œnanggungโ€. Tapi, pengguna dijamin tak akan ambil pusing karena resolusi yang ditawarkan terbilang wah, yaitu 2032 x 1080 piksel berbasiskan IGZO LCD yang punya reputasi sangat baik. Layar Aquos R Compact juga unik, di mana bagian atas dibuat dengan sudut melengkung sedangkan bagian bawah dengan lekukan tajam.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Aquos R Compact mempunyai performa yang cukup baik meskipun dibalut desain yang ringkas. Perangkat berjuru gedor Snapdragon 660, grafis Adreno 512 GPU dengan RAM 3GB dan penyimpanan seluas 32GB. Kombinasi ini memperlihatkan bahwa Sharp tak ingin ponsel ringkasnya ini dipandang sebelah mata. Apalagi komponen kameranya juga terbilang di atas rata, 16,4MP di belakang dan 8MP di depan.

Sistem operasi Android 8.0 Oreo jadi penyempurna di sisi interface. Sebagai polesannya, Sharp membenamkan custom ROM EMOPA 7.0 yang dipoles sedemikian rupa untuk membuat tatap muka pengguna menjadi unik dan berbeda. Di balik cover belakang duduk baterai sebesar 2.500mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0 untuk pengisian daya super cepat. Kemudian untuk faktor keamanan, smartphone juga dibekali sensor sidik jari yang tertanam di tombol home.

Tersedia dalam pilihan warna gold, silver, black and white, Sharp Aquos R Compact bakal dijual mulai bulan Desember di Jepang.

Sumber berita GSMArena.