16 January 2018

by Yoga Wisesa

Laibox Cam Ialah Action Cam Alternatif GoPro Dengan Lensa Interchangeable

Mengganti lensanya semudah melepas dan memasang balok Lego.

GoPro merupakan merek yang mencetus segmen kamera action, dan menjadi kiblat sekaligus standar produsen lain dalam menggarap perangkat sejenis. Demi menyainginya, para kompetitor menawarkan beragam fitur lebih canggih atau harga lebih terjangkau. Namun karena action cam umumnya mengusung desain padat, fleksibilitas kustomisasi tidak selalu jadi prioritas.

Jika sampai sekarang Anda masih mencari alternatif GoPro yang lebih fleksibel, kreasi pemain baru asal Shenzhen ini boleh dijadikan pertimbangan. Sebagai jawaban atas penggunaan lensa fixed wide-angle di berbagai model action cam, sang produsen menawarkan Laibox Cam, yaitu kamera action berkonsep modular dengan lensa interchangeable pertama di dunia, menawarkan proses bongkar pasang lensa yang sangat simpel.

Laibox Cam mempunyai tubuh ala balok mungil seperti action camera lain, namun desainnya menyerupai versi mini dari kamera point-and-shoot: dilihat dari sisi belakang, tombol shutter berada di area pojok kanan atas dengan modul lensa di zona yang berlawanan, lalu layar live preview-nya dapat diputar 180 derajat dan di arahkan ke depan, sangat berguna ketika ingin membuat video blog atau ber-selfie.

Action cam ini dirancang agar mudah digunakan satu tangan. Semua tombolnya berada di area yang mudah dijangkau jempol dan telunjuk, lalu peralihan dari mode foto ke video juga dapat dilakukan dengan menekan satu tombol saja. Laibox Cam juga dibekali teknologi image stabilization, kemudian Anda bisa memanfaatkan fitur remote control via app mobile buat mengakses fungsi device dari jauh.

Laibox Cam menawarkan beragam mode pengambilan gambar dengan menggunakan lensa berbeda, di antaranya ada Full View 720 derajat, Flat Angle, Optical Zoom delapan kali, serta lensa Wide Angle 170 derajat. Cara menukar modul lensa ini sangat mudah, kata produsen 'seperti melepas dan menyambung balok Lego'. Perangkat ini menyimpan sensor 14-megapixel plus lensa 7G untuk merekam video 4K di 30-frame rate per detik, ditambah lagi lensa 13-megapixel ganda, yang memungkinkannya menangkap lebih banyak detail dan cahaya.

Agar Anda tidak melewatkan momen berharga, tim penciptanya turut membekali Laibox Cam dengan fitur baterai hot-swap, memperkenankan kita menukar baterai walaupun kamera sedang bekerja. Baterai internal ekstra 1.100mAh tersebut mampu menjaga Laibox Cam tetap menyala selama dua jam. Unit baterai dan case-nya sendiri kompatibel dengan punya GoPro Hero 5.

Saat ini, Laibox Cam bisa Anda pesan sekarang melalui situs crowdfundingIndie Gogo. Produk dijajakan seharga mulai dari US$ 140, sudah termasuk ongkos kirim.

Via The Photoblographer.