Dark
Light

Gizmo 2, Single Board PC Imut dengan Prosesor AMD

1 min read
February 24, 2015

Pada tanggal 24 hingga 26 Februari 2015 ini, sebuah perhelatan bernama Embedded World Conference akan diadakan di Nuremberg, Jerman. Sekilas tidak ada yang istimewa dari sebuah konferensi yang khusus diadakan untuk para developer tersebut, namun sebuah perusahaan non-profit bernama GizmoSphere akan memamerkan sebuah single board yang diotaki dengan prosesor AMD, perangkat tersebut bernama Gizmo 2.
Gizmo2--02
Jika menilik dari namanya, perangkat ini memang merupakan produk versi kedua dari produk yang dibesut oleh perusahaan GizmoSphere setelah versi pertamanya lebih dulu hadir dengan nama Gizmo 1. Masih mewarisi bentuk dan ukuran yang sama dengan versi pendahulunya, Gizmo 2 memiliki disain mungil berdimensi 4 inci x 4 inci serta menggunakan komponen Single Board Computer (SBC), bedanya versi terbaru ini diotaki dengan prosesor AMD berbasis 64-bit x86.

Sama seperti perangkat modul Mini PC lain pada umumnya, Gizmo 2 juga menawarkan mesin komputasi rendah daya yang dapat dipasangi dengan berbagai varian sistem operasi Linux ataupun Windows serta dapat digunakan oleh para hobbyst maupun programmer atau pengembang aplikasi untuk berbagai keperluan.

Informasi Menarik: CuBox-i, Mini PC Multi OS

Walaupun memiliki bentuk yang mungil, bukan berarti perangkat ini memiliki keterbatasan, justru sebaliknya, Gizmo 2 hadir dengan spesifikasi yang sedikit lebih bertenaga dibanding versi pendahulunya, bahkan spesifikasi yang dimilikinya di atas spesifikasi Raspberry Pi.

Gizmo 2 diotaki dengan prosesor AMD GX-210HA dual-core yang mengusung kecepatan 1GHz, ditambah dengan komponen kartu grafis AMD Radeon HD8210E yang mendukung DirectX 11.1, OpenGL 4.2 dan OpenCL 1.2, dan dijejali dengan RAM 1GB serta mengusung beberapa port seperti HDMI output, slot untuk kartu memory microSD, konektor mSATA, Gigabit Ethernet, 3 buah port USB 3.0 serta 2 buah port USB 2.0, dan tambahan header USB untuk dipasangkan dengan modul eksternal lainnya seperti GPIO, SPI, UART melalui slot pin yang tersedia.

Perangkat Gizmo 2 yang ditawarkan dengan harga $199 per unitnya itu telah kompatibel dengan beberapa sistem operasi seperti Coreboot-based SageBIOS besutan Sage Electronic Engineering, Timesys LinuxLink, berbagai varian OS Linux, Minoca operating system.

Gizmo2-03

Baca juga:

Sumber: Liliputing dan Yahoo | Gambar Header: GizmoSphere

Previous Story

Amerika Serikat Pertanyakan Kebijakan TKDN 40% untuk Smartphone

Next Story

Seperti ini Cara Membeli Aplikasi Android Pakai Pulsa Telkomsel

Latest from Blog

Don't Miss

AMD Indonesia Hadirkan Kartu Grafis Radeon RX 7700 XT dan 7800 XT Untuk Gaming 1440p Lebih Dari 60 FPS

AMD Indonesia Hadirkan Kartu Grafis Radeon RX 7700 XT dan 7800 XT Untuk Gaming 1440p Lebih Dari 60 FPS

Kabar baik bagi para gamer PC antusias, AMD Indonesia telah
AMD FSR 3

AMD FSR 3 Disingkap, Hadirkan Fitur Frame Generation untuk Semua Kartu Grafis

Perang teknologi upscaling antara produsen kartu grafis masih terus berlanjut.