24 February 2017

by Yoga Wisesa

DJI Buka DJI Authorized Retail Store di Indonesia, Jadi yang Terbesar di Asia Tenggara

Desain toko berkiblat pada DJI Authorized Retail Store yang berada di lokasi-lokasi lain.

Dà-Jiāng Innovations Science and Technology memulai bisnis penyediaan UAV, aksesori helikopter, dan unit kendali penerbangan sejak tahun 2006. Namanya jadi kian terkenal di tengah maraknya penggunaan drone oleh konsumen umum. Dan tak mau kalah dari kompetitornya yang sudah hadir di Indonesia lebih dulu, DJI berniat memantapkan cengkeramannya di pasar yang penuh potensi ini.

Terhitung di tanggal 23 Februari 2017 kemarin, DJI melangsungkan acara pembukaan DJI Authorized Retail Store di Indonesia, dan kabarnya juga menjadi toko retail terbesar di kawasan Asia Tenggara. Inaugurasi tersebut dilakukan secara kolaboratif bersama Hasco MagicSky, agen yang diberi kepercayaan oleh sang produsen asal Shenzhen itu untuk mendistribusikan produk mereka di tanah air.

DJI Authorized Retail Store Indonesia berlokasi di area pelataran Mall Alam Sutera, terpisah dari bangunan utama, didirikan di area seluas lebih dari 200-meter persegi. Desainnya berkiblat pada DJI Authorized Retail Store yang berada di lokasi-lokasi lain, dengan jendela-jendela kaca memenuhi tiga sisi toko untuk memberikan pencahayaan natural dan sensasi ruang terbuka bagi pelanggan. Di tengah-tengahnya terdapat 'kandang penerbangan', yaitu tempat pelanggan melihat langsung bagaimana drone DJI beraksi.

Kabarnya, semua produk yang dipajang di sana siap untuk Anda pinang. Koleksinya sangat banyak, dari mulai perangkat konsumen, profesional, produk solusi imaging, hingga drone kelas enterprise dan agrikultur. Anda bisa menemukan keluarga Inspire, kamera Zenmuse, platform udara Matrice, hingga deretan stabilisator kamera Ronin. Buat end-user sendiri, ada tiga kategori device yang jadi andalan DJI di Indonesia: Osmo ( termasuk + dan Mobile), Phantom 4 (Pro dan Pro +), dan Mavic Pro.

Osmo adalah kamera handheld portable yang mengombinasikan gimbal tiga poros Zenmuse dan unit handle ergonomis, memungkinkan Anda merekam video beresolusi (4K) tinggi tanpa dinodai blur akibat kurang stabilnya pegangan tangan. Perbedaan antara tipe Osmo biasa dengan Osmo+ terletak pada jenis gimbalnya. Osmo+ menyimpan Zenmuse X3 Zoom, memungkinkannya melakukan zoom hingga tujuh kali. Osmo Mobile sendiri tidak memiliki kamera, mengandalkan smartphone Anda untuk merekam, dibantu oleh gimbal Zenmuse M1 buat menstabilkannya.

Keluarga Phantom 4 terdiri dari versi biasa, 4 Pro serta 4 Pro+, dan mereka merupakan pilihan populer di kalangan pecinta drone. Phantom 4 memperoleh banyak upgrade dari generasi ketiga, terutama pada kemampuan menghindar serta melacak pergerakan berkat dukungan sensor - sonar, lima kamera terpisah, gyroscope, GPS, GLONASS dan lain-lain. Versi 4 Pro sendiri dipersenjatai kamera 20-Mp sebesar 1-inci, plus kapabilitas deteksi penghalang 'lima-arah', lalu 4 Pro+ dilengkapi unit remote control dengan layar built-in, dirancang khusus buat pemakaian outdoor.

DJI Mavic Pro sendiri boleh jadi adalah tipe drone yang paling menarik bagi user pemula. Mengusung kemampuan yang tidak kalah canggih dari Phantom (memanfaatkan spesifikasi kamera serupa Phantom 4), keunggulan utama dari Mavic Pro ialah desain portable dengan struktur foldable. Saat dilipat, drone hanya memakan tempat 83x83x198mm, sehingga bisa mudah dimasukkan dalam tas serta dibawa-bawa.

Di bawah ini adalah beberapa produk yang telah dikonfirmasi harganya:

  • Osmo - mulai Rp 4,32 juta
  • Phantom 4 - mulai 18,14 juta
  • Phantom 4 Pro - Rp 21 juta
  • Phantom 4 Pro+ - Rp 25 juta
  • Mavic Pro - mulai Rp 14 juta

"Entah apakah Anda seorang profesional yang tertarik pada teknologi aerial imaging terkini atau konsumen biasa yang mencari drone pertama, penting sekali untuk mendapatkan pengalaman buat memahami mudahnya menerbangkan UAV atau menemukan sudut sinematik," tutur Associate Director of Communication DJI Kevon On di lembar rilis pers. "Kami sangat bersemangat melakukan ekspansi retail di Indonesia dan menyediakan tempat di mana orang bisa belajar serta menemukan platform aerial DJI."

Meski kalangan media sudah diperkenankan mengunjungi DJI Authorized Retail Store terlebih dulu, toko baru dibuka bagi pelanggan pada hari Sabtu tanggal 25 Februari besok, tepatnya pada pukul 10:00.

Khusus untuk 20 pembeli pertama, Anda berhak mendapatkan diskon hingga 15 persen buat produk Inspire 1. Lalu para konsumen Phantom 4 Pro serta Osmo Mobile juga akan memperoleh aksesori gratis selama persediaan masih ada.

DJI Authorized Retail Store berlokasi di Mall Alam Sutera, unit G-ISO-02, jalan Jalur Sutera Barat Kav. 16, kecamatan Serpong Utara Pakulonan, Tangerang, Indonesia; dibuka dari jam 10:00 sampai 22:00.