23 July 2018

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Mengubah Penyimpanan Default di Smartphone Xiaomi

Saat memori internal mulai teriak, Anda perlu mengubah penyimpanan default ke memori eksternal

Secara default, semua smartphone tipe Xiaomi yang tidak dilengkapi dengan memori eksternal akan menyimpan berkas-berkas baru seperti foto, video, dokumen, unduhan dan lain-lain ke memori internal. Tapi, tempat penyimpanan default ini bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum pengaturan diubah, pertama-tama Anda harus membeli kartu memori eksternal yang mendukung lalu menyematkannya di slot yang disediakan.

Setelah terpasang, barulah Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, tap menu - Settings - Storage atau Pengaturan - Penyimpanan.

 

  • Setibanya di jendela Storage, tap opsi Storage Settingsatau Pengaturan Penyimpanan, letaknya di urutan paling bawah.

 

  • Di panel inilah diletakkan semua fungsi smartphone yang kerap memproduksi berkas baru, misalnya kamera, tema, backup, galeri dan musik. Silahkan Anda ubah pengaturan untuk masing-masing fungsi, ubah ke memori eksternal jika ingin meringankan memori internal.

 

  • Lakukan satu per satu sampai semua fungsi diatur dengan benar.

Selesai, Anda kini sudah mengubah tempat penyimpanan default di smartphone Xiaomi. Selanjutnya, Anda dapat mengubahnya setiap waktu jika dirasa perlu ada perubahan.

Khusus untuk kamera, selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengubah pengaturan default langsung melalui aplikasi kamera. Caranya, jalankan kamera, tap tombol Option - pengaturan. Kemudian aktifkan pengaturan Save to SD Card.

 

Selesai, mudah dan cepat kan? Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

Sumber gambar header Pexels.